Alamat

Diskominfo Kab. Kutai Kartanegara

Jl. Pahlawan No. I Bukit Biru Tenggarong

Telepon Kami

0541661350

Mall Pelayanan Publik Kukar Siapkan Layanan Digital dan Drive Thru

Oleh : Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara , Tanggal : Wednesday, 3 May 2023


Null

Mall Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kutai Kartanegara telah resmi beroperasi pada bulan Februari 2023, dengan secara bertahap menyediakan 430 layanan publik dari 28 entitas layanan publik yang sekarang berada di MPP.
 
Kepala DPMPTSP Kukar, Bambang Arwanto, mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu lagi keliling dari satu instansi ke instansi lainnya. Layanan pengurusan, Samsat, Kejaksaan Negeri Kukar, Polres Kukar, pendidikan, perbankan dan layanan usaha terdapat di satu gedung dan lokasi. Bahkan untuk pengurusan pajak dan imigrasi, masyarakat Kukar tak perlu lagi ke Samarinda seperti selama ini.
 
Jumlah kunjungan ke MPP terus meningkat tiap harinya, dimana awalnya hanya berkisar 25-50 orang. Namun, pada bulan April 2023, jumlah kunjungan  meningkat 100-300 orang per hari, untuk semua jenis layanan. Dari jumlah itu mayoritas pengunjung melakukan pengurusan pajak, imigrasi, Samsat, dan Disdukcapil,” kata Bambang
menyebut bahwa peningkatan jumlah kunjungan terjadi karena MPP telah memudahkan akses layanan publik, sehingga masyarakat menyambut baik keberadaannya. Ditandai dengan Indeks Kepuasan Publik mencapai 93,11 persen, dengan 8 variabel pelayanan yang mendapatkan kategori A+.
MPP juga akan menyiapkan layanan Drive Thru, yang secara bertahap akan dikembangkan dan disiapkan. Sehingga produk layanan yang disiapkan dapat diambil dan dicetak sendiri oleh masyarakat.
 


Sumber : Kukarkab.go.id