Telp / Fax : 0541-661350

Jl. Pahlawan Bukit Biru, Tenggarong, Kutai Kartanegara

Sekda Buka Seminar Sistem Pertahanan Semesta

Oleh: GUSDUT | 2018-03-13 | PEMERINTAH | 5055

Gambar

Sekda Kabupaten Kutai Kartanegara H. Marli saat memberikan arahan kepada peserta Seminar Sistem Pertahanan Semesta pada Selasa(6/3) di Pendopo Odah Etam Tenggarong.


Menjaga kedaulatan dan pertahanan negara adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat dan bangsa Indonesia, demikian dikatakan Sekda Kukar H Marli dihadapan peserta  Seminar Sistem Pertahanan Semesta yang digelar Kesbangpol Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan Perwakilan Kementerian Pertahanan RI Provinsi Kaltim di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Selasa(6/3/2018).

“Menjaga kedaulatan dan pertahanan negara bukan hanya tanggung jawab satu institusi saja, melainkan tanggungjawab pemerintah dan semua elemen masyarakat wajib terlibat aktif dalam keamanan negara, sesuai peranannya masing-masing dengan mendukung kebijakan pertahanan negara, ”ungkap Marli. Ia juga mengatakan pertahanan negara merupakan proses berkelanjutan tanpa henti. Perjuangan para pahlawan yang telah mendahului harus terus dilanjutkan dengan tindakan nyata dalam impelementasi program pertahanan negara dalam program pembangunan daerah. 

Perkembangan kemajuan jaman akan selalu berimplikasi pada hadirnya ancaman-ancaman terhadap kedaulatan negara. Menurutnya ancaman nyata yang dihadapi pada kondisi saat ini di Kutai Kartanegara adalah masalah penyalahgunaan narkoba, konflik sosial, radikalisme, terorisme, kehadiran tenaga kerja asing, dampak kerusakan lingkungan hidup, masalah perbatasan, dan masalah dari dampak negatif IT, yaitu perkembangan media-media mainstream, sosial media yang memuat informasi dan juga paham-paham yang dengan mudah diakses dan dapat merubah moral serta kepribadian warga negara. Semakin besarnya ancaman-ancaman yang dihadapi, untuk itu sangat penting untuk melaksanakan pembinaan kewaspadaan diri, bela negara, diplomasi, iptek, ekonomi, sosial, moral dan dukungan penyelenggaraan pertahanan negara, “kata  Marli.

Marli sangat berharap kepada peserta seminar agar dapat mengikuti dan memahami pokok-pokok yang disampaikan oleh pemateri sehingga tujuan utama untuk memahami, mendukung dan menjalankan sistem pertahanan negara dari ancaman-ancaman yang ada dapat terwujud dengan baik dengan begitu para peserta dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan menularkan ilmunya tersebut dan juga dapat menyebarkan nilai-nilai pertahanan negara dalam aktualisasi peran dan profesi masing-masing. Dalam seminar kali ini di hadiri oleh Kepala Kesbangpol Kab. Kukar H Fatekur Rochman, Pejabat PKP Prov. Kaltim Brigjen TNI Rukman Ahmad dan Kepala UPT Pusat Data Dan Informasi Bappeda kaltim Charmarijaty selaku narasumber. (medsi03)

 

sumber:http://humas.kutaikartanegarakab.go.id