Telp / Fax : 0541-661350

Jl. Pahlawan Bukit Biru, Tenggarong, Kutai Kartanegara

Balitbangda Kukar Gelar FGD Optimalisasi PAD

Oleh: GUSDUT | 2017-11-22 | PEMERINTAH | 1180

Gambar

Kepala Balitbangda Kab. Kukar Ahmad Hardi Dwi Putra Saat Memberikan Arahan Pada Peserta FGD.


Badan Penelitian  dan Pengembangan  Daerah (Balitbangda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema Optimalisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan tersebut dibuka Kepala Badan Penelitian dan pengembangan Daerah (Balitbangda) Kab Kukar Ahmad Hardi Dwi Putra di Kantor Balitbangda Kukar, Rabu (15/11/2017).

Kabanlitbangda Ahmad Hardi mengatakan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Balitbangda mempunyai tugas membantu pemerintahan daerah dalam hal kelitbangaan, salah satunya mencari masukan guna pengoptimalisasian PAD. “Melalui  FGD ini kita sama–sama berusaha mencari formula yang tepat, guna meningkatnya PAD kukar, sehingga presntasinya bisa lebih besar dalam  menopang  APBD Kukar,”ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kukar saat ini masih didominasi oleh dana bagi hasil (DBH), sedangkan dari presentase penerimaan PAD Kukar saat ini belum dominan. PAD sendiri menurutnya bersumber dari retribusi daerah, laba dari BUMD, dan pendapatan daerah lainnya yang sah.

Melalui kegiatan tersebut ia berharap akan mendapat masukan dari para peserta, sehingga hasil dari FGD ini bisa menjadi salah satu rekomendasi penting untuk penyusunan kebijakan dalam peningkatan PAD Kukar. “Kami berharap peserta dapat berperan secara aktif  memberikan masukan, sehingga kegiatan hari ini menghasilkan manfaat yang nyata, yaitu dengan  adanya rekomendasi bagi pemerintah daerah dalam meyusun kebijakan dalam peningkatan PAD Kukar,”imbuhnya.(Yuliati-Medsi03)

 

sumber:http://humas.kutaikartanegarakab.go.id