Telp / Fax : 0541-661350

Jl. Pahlawan Bukit Biru, Tenggarong, Kutai Kartanegara

Dorong Pemerataan Pembangunan, Dispemdes Gelar Siskeudes

Oleh: GUSDUT | 2017-07-10 | PEMERINTAH | 1202

Gambar

Suasana bimbingan teknis bagi perangkat desa terkait dengan sistem keuangan desa berlangsung di Grand Elty Tenggarong.


Sebanyak 78 orang peserta perangkat desa angkatan pertama dari 8 angkatan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Smart Academy dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kaltim berlangsung di Hotel Grand Elty, Selasa (4/7/2017).

 
Kepala Dinas Pemdes Kukar Adi Nur mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mendorong agar seluruh desa yang ada di Kukar mampu mandiri dalam segala aspek pembangunan. "Pembangunan di desa menjadi salah satu program prioritas pemerintah dalam upaya pemerataan kesejahteraan, termasuk membangun produksi ekonomi melalui infrastruktur serta pemanfaatan potensi perekonomian di desa," katanya. 
 
Menurut Adi Nur, Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana desa, untuk mengubah citra desa yang identik dengan keterbelakangan, penduduk usia renta, serta kemiskinan menjadi desa yang produktif dan perekonomian akan tumbuh berkembang. "Inilah yang kita harapkan ekonomi di desa akan terus berkembang, menciptakan sebanyak-banyaknya lapangan kerja, guna mengatasi pengangguran dan meningkatkan daya beli masyarakat desa," ujarnya.
 
Dijelaskannya adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No.113/2014 tentang pengelolaan azas keuangan desa dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisifarif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran, akan mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisifatif"Saya berharap pelatihan ini,  semua desa di Kukar dapat mengelola keuangan, demi terciptanya pemerintahan yang baik berbasis aplikasi Siskeudes," jelas Adi Nur.
 
Ditambahkan Adi Nur aplikasi Siskeudes sendiri akan memberikan kemudahan bagi pemerintahan desa dalam mengelola keuanganya sendiri. "Aplikasi ini akan memudahkan semua perangkat desa, sehingga tidak ada lagi desa yang tidak mengerti terkait pengelolaan keuangan, hingga proses penyususnan APBDes, termasuk penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa. Semuanya sudah dimudahkan dengan adanya Siskeudes,"Harap Adi Nur. (Margini S Prasetya/Medsi01)
 
 
sumber:http://humas.kutaikartanegarakab.go.id