Telp / Fax : 0541-661350

Jl. Pahlawan Bukit Biru, Tenggarong, Kutai Kartanegara

Seminar Ramadan, Membangun Budaya Baru di Kutai Kartanegara

Oleh: GUSDUT | 2017-06-12 | PEMERINTAH | 1186

Gambar

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat memberikan paparan sebagai narasumber yang di dampingi oleh Prof Hamdani dari Universitas Sumatra Utara.


Seminar Ramadan dengan tema membangun budaya baru menuju cita-cita Gerbang Raja yang  digagas oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Marli di ruang Eksekutif  Kantor Bupati Kukar, Selasa (6/6). Turut hadir dan menjadi narasumber kegiatan seminar  tersebut Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah, Prof Iskandar dari Universitas Kutai Kartanegara, Prof Hamdani dari Universitas Sumatra Utara, Ustad Bami Abdul Madjid. Kegiatan tersebut juga dihadiri camat se Kukar.

 
Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dalam paparannya yang berjudul Pembangunan Kutai Kartanegara dalam kerangka Gerbang Raja 2016-2021 mengatakan bahwa struktur ekonomi Kukar masih bertumpu pada sektor pertambangan dan penggalian, untuk itu perlu mengoptimalkan sektor terbarukan seperti pertanian dalam arti luas, meningkatkan jangkauan pelayanan dasar  dan kesempatan berusaha, serta penguatan sumber pembiayaan alternatif (swasta/CSR) dalam menyikapi penurunan kapasitas keuangan Daerah (APBD).
 
Sementara itu Program Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera (Gerbang Raja) sebagai filosofi pembangunan Kukar tahun 2016 hingga 2021 memiliki 7 misi dan visi yang digunakan untuk melakukan pertumbuhan, pemerataan yang berkelanjutan. “Proses  transformasi yang dilakukan yaitu berbasis pada potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia, dengan mendorong sektor pertanian dan pariwisata sebagai leading sektor perekonomian dimasa mendatang,” ujar Edi Damansyah.
 
Selain itu, untuk penguatan peran kecamatan yang mengoptimalisasi pengembangan potensi wilayah secara sinergi dan terintegrasi dalam koridor penguatan tugas dan fungsi camat sebagai kepala wilayah. Dalam langkah-langkah penerapan Prespektif perencanaan dalam pencapaian target pembangunan yang sinergis dan terintegrasi, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk camat, harus memiliki pola pikir dokumen yang terencana, kompetensi, dan pemahaman pejabat struktural terhadap tugas dan fungsi, serta evaluasi dan pengendalian kebijakan pelaksanaan dan pemanfaatan secara kontinyu, valid, dan aktual.
 
“Saya berharap pembangunan Kukar bisa dimulai dari kecamatan, dimana wilayah kecamatan tumbuh sesuai dengan potensi dan karekteristik wilayahnya, setiap kecamatan juga memiliki komoditi unggulan yang dijadikan sebagai pemicu pertumbuhan ekonomi daerah, dan pembangunan yang terintegrasi dalam skema keterpaduan pembangunan wilayah di Kabupaten Kukar,” ujar Edi Damansyah lagi.(Yuliati-Medsi 03)
 
 
sumber:http://humas.kutaikartanegarakab.go.id