Telp / Fax : 0541-661350

Jl. Pahlawan Bukit Biru, Tenggarong, Kutai Kartanegara

Rita Berkomitmen Kembangkan Pertanian Dalam Arti Luas

Oleh: GUSDUT | 2017-05-10 | PEMERINTAH | 1191

Gambar

Bupati Kukar Rita Widyasari saat memberikan pengarahan kepada anggota KTNA Kukar yang mengikuti Penas XV Tahun 2017 di Aceh.


Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, Ph.D berkomitmen untuk memajukan dan mengembangkan pertanian dalam arti luas dengan menyiapkan anggaran khusus bagi para petani nelayan sebesar Rp100 juta. Hal tersebut disampaikan Rita saat memberikan pengarahan kepada anggota Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kukar yang mengikuti Pekan Nasional (Penas) KTNA XV Tahun 2017 di Aceh.  Pertemuan antara anggota KTNA Kukar dengan Bupati Kukar tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada anggota KTNA Kukar dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Penas.  Pertemuan dilaksanakan di Aula Hotel Rumoh PMI Aceh, Jumat (5/5) malam.

 
“Kukar memiliki lahan pertanian yang subur dan sangat luas, saya akan menganggarkan Rp100 juta bagi petani-nelayan di Kukar, sehingga Kukar menjadi lumbung pertanian di Kaltim,” katanya. Menurut Rita, defisit anggaran yang melanda Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini juga turut dirasakan Kukar yang selama ini masih mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA) seperti migas dan batu bara.
 
“Defisit yang melanda Kaltim tidak bisa dihindari, namun Kukar tetap berkomitmen agar potensi di sektor pertanian terus dikembangkan dengan baik,” katanya. Dengan pengembangan pertanian dalam arti luas, kedepannya Kukar tidak lagi bergantung dengan migas dan batu bara. “Saya mengajak kepada semua petani dan kelompok tani di Kukar untuk terus menggali dan mengembangkan potensi pertanian dengan tujuan utama buat anak cucu kita kelak,” ujarnya.
 
Rita juga berharap agar peserta KTNA Kukar dapat menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi modern pada PENAS-KTNA XV Tahun 2017 di Aceh. “Saya berharap peserta KTNA Kukar dapat menyerap banyak ilmu di PENAS-KTNA ini, sehingga sepulangnya dari Aceh bisa diterapkan di Kukar,” ujar Rita. Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sumarlan mengapresiasi atas apa yang menjadi harapan Bupati Kukar. 
 
“Bupati berkomitmen dalam mengembangkan pertanian dalam arti luas, tentunya ini menjadi semangat bagi semua petani-nelayan di Kukar untuk terus berinovasi dalam memanfaatkan lahan pertanian yang ada di Kukar,” katanya. (medsi01)
 
sumber : http://humas.kutaikartanegarakab.go.id